Kumpulan Kutipan Teori

Kumpulan teori dan pendapat ahli untuk bahan makalah, skripsi, tesis, disertasi

Kutipan teori tentang lingkungan belajar

Lingkungan belajar merupakan wilayah dengan segenap isinya yang saling berhubungan dengan kegiatan belajar. Lingkungan belajar perlu didesain agar mendukung kegiatan belajar sehingga dapat meningkatkan kenyamanan individu-individu yang menempati lingkungan tersebut untuk melakukan kegiatan belajar. Beberapa teori tentang lingkungan belajar antara lain :
  1. Sartain (dikutip oleh Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung, h.28) berpendapat bahwa lingkungan meliputi semua kondisi-kondisi dalam dunia ini yang dalam cara-cara tertentu mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan-pertumbuhan, perkembangan atau life processes kita kecuali gen-gen.
  2. Menurut Saroni dalam Jamal (2011:110) “Lingkungan belajar adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan”. Selanjutnya Lingkungan belajar mencakup dua hal utama, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
    1)      Lingkungan Fisik
    Lingkungan fisik adalah lingkungan yang ada di sekitar siswa belajar, berupa sarana fisik, baik yang ada didalam sekolah maupun di sekitar sekolah, termasuk masyarakat. Dalam hal ini lebih ditekankan pada lingkungan fisik dalam kelas, alat/media belajar yang ada, dan alat/media belajar.
    2)      Lingkungan Sosial
    Lingkungan sosial berhubungan dengan pola interaksi antarpersonal yang ada di lingkungan sekolah secara umum. Kondisi pembelajaran yang kondusif hanya dapat dicapai jika interaksi sosial ini berlangsung dengan baik.
  3. Menurut Dalyono (2005: 129) lingkungan mencakup segala material dan stimulus di dalam dan di luar individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis, maupun sosio-kultural. (Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.)
  4. Menurut Hamalik (2004: 195) lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di alamsekitar yang memiliki makna atau pengaruh tertentu kepada individu. Lingkunganadalah segala sesuatu yang disekeliling manusia yang dapat mempengaruhitingkah laku secara langsung maupun tidak langsung. (Hamalik, Oemar. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara)
  5. Menurut Indra Djati Sidi (2005: 148) “Lingkungan belajar sangat berperan dalam menciptakan suasana belajar menyenangkan”.  (Sidi, Indra Djati. (2005). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Paramadina.)
  6. Hakim (2000: 18) menjelaskan bahwa kondisi lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi kondisi belajar antara lain adanya guru yang baik dalam jumlah yang cukup memadai sesuai dengan jumlah bidang studi yang ditentukan, peralatan belajar yang cukup lengkap, gedung sekolah yang memenuhi persyaratan bagi berlangsungnya proses belajar yang baik, adanya teman, dan keharmonisan diantara semua personil sekolah (Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara)
  7. Slameto (2003: 65-69) menjelaskan aspek-aspek lingkungan sekolah meliputi : 
    1. Relasi guru dengan siswa. Guru yang kurang berinteraksi dengan siswa secara baik, menyebabkan proses belajar mengajar kurang lancar dan juga siswa merasa jauh dari guru, sehingga segan untuk berpasrtisipasi aktif dalam belajar.
    2. Relasi siswa dengan siswa. Bila di dalam kelas ada grup yang saling bersaing secara tidak sehat, maka jiwa kelas tidak terbina, bahkan hubungan masing-masing siswa tidak tampak. Untuk itu menciptakan relasi yang baik antar siswa adalah perlu, agar dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar siswa.
    3. Disiplin sekolah. Peraturan sekolah yang tegas dan tata tertib membantu kedisiplinan siswa dalam menjalankan kegiatan belajar.
    4. Sarana belajar. Sarana belajar yang lengkap dan tepat akan memperlancar penerimaan bahanpelajaran yang diberikan kepada siswa, dan membuat siswa lebih semangat dalam belajar. (Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.)
  8. Abdul Majid, (2007:165) dalam bukunya Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rodakarya menyatakan bahwa "Lingkungan belajar yang kondusif merupakan tulang punggung dan faktor pendorong yang dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi proses pembelajaran, sebaliknya lingkungan belajar yang kurang menyenangkan akan menimbulkan kejenuhan dan rasa bosan".


0 Komentar untuk "Kutipan teori tentang lingkungan belajar"

 
Copyright © 2014 Kumpulan Kutipan Teori - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info